MPLS SMANICHI

MPLS SMANICHI
Seperti tahun – tahun sebelumnya SMA Negeri 1 Bangli melaksanakan kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau yang kini disebut MPLS yaitu Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah tahun pelajaran 2016/2017. Kali ini SMA N 1 Bangli mengambil tema “Jnana Sudha Budhi Mahottama” yang berarti Pengetahuan Yang Mulia Membangun Karakter Yang Utama.
Kegiatan MPLS diawali dengan Pra-MPLS pada tanggal 4, 5, dan 8 Juli 2016 yang lalu. Namun, pada Pra MPLS atau Pra MOS kali ini ada sedikit yang berbeda dari tahun sebelumnya karena terdapat Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 yang sedikit mengubah sistem MPLS pada tahun ini seperti pembatasan keterlibatan pengurus OSIS. Juga terdapat laragan baru seperti, dilarangnya menggunakan aksesoris tidak wajar serta dilarang membawa clue dengan merk tertentu. Saat Pra MPLS terdapat berbagai kegiatan yang dirancang oleh panitia diantaranya kegiatan didalam kelas, latihan upacara bendera, dan Eksplore Smanichi yang diisi oleh 5 Besar Putra Putri Smanichi 2015. Disini putra putri Smanichi mengajak siswa baru mengelilingi sekolah untuk mengenalkan letak ruangan – ruangan yang terdapat di SMA N 1 Bangli. Mereka juga mengenalkan info umum tentang Smanichi seperti prestasi dan sejarah yang dimiliki oleh SMA N 1 Bangli. Selain pemberian materi, siswa baru juga diberikan beberapa tugas seperti pembuatan tabble name yang ukurannya harus dipecahkan menggunakan penyelesaian matematika, Id Egg yaitu telor petelor yang telah dituliskan nama mereka mereka harus membawa Id Egg tersebut setiap mengikuti kegiatan disekolah, ini melatih mereka agar lebih bertanggung jawab dan tidak ceroboh. Inilah yang membedakan MPLS di SMA N 1 Bangli dengan SMA lainnya di Bangli.


Setelah kegiatan Pra MPLS selesai, dilanjutkan dengan kegiatan MPLS dari tanggal 11 -16 Juli 2016 yang diawali dengan pembukaan MPLS  yang dibuka secara resmi oleh Kepala SMA N 1 Bangli, Drs. I Nengah Sudaya. Kegiatan MPLS di SMA N 1 Bangli pada pagi hari dimulai dari pkl 07.00 - 12.20 WITA yang diisi dengan pemberian materi oleh guru dan organisasi  - organisasi di SMA N 1 Bangli. Dan pada sore harinya dimulai pkl 14.00 – 17.00  WITA diisi dengan kegiatan diluar ruangan seperti Latihan PBB, Latihan Upacara, dan Olahraga Gembira. Dan pada akhirnywa tgl 16 Juli 2016 dilaksanakan penutupan MPLS yang diisi dengan lomba lagu wajib, lomba yel-yel, dan upacara penutupan. Kelas yang memperoleh juara umum 1 yaitu kelas 10G (GIANT) juara umum 2 kelas 10D (DADONGS) dan juara umum 3 kelas 10B (BAPER) dengan diumumkan juara umum kelas serta pemberian hadiah dilanjutkan dengan simbolis pelepasan atribut MPLS, MPLS Smanichi 2016 dinyatakan telah resmi ditutup.
Kegiatan MPLS ini dilaksanakan berdasarkan Permendikbud yang ada, dimana tugas yang diberikan memiliki tujuan yang positif dan sama sekali tidak bertujuan untuk memplonco adik kelas namun lebih mengenalkan mereka terhadap budaya baru yang ada di SMA N 1 Bangli.
Previous
Next Post »